Proses Pembuatan Cangkang Kapsul Lengkap

Layanandietsehat.com – Pembuatan Cangkang KapsulKapsul atau capsul adalah sediaan farmasi, sediaan ini berbentuk seperti silindris. Kapsul atau capsul adalah jenis sediaan padat yang dibungkusdidalam suatu cangkak keras maupun cangkang lunak yang dapat larut dalam tubuh. Cangkang kapsul umumnya terbuat dari bahan gelatin, tetapi dapat juga dibuat dari bahan pati atau bahan lainnya yang sesuai.

Kapsul cangkang keras atau capsul durae, hard capsul, cangkang kapsul ini terdiri dari bagian wadah dan tutup (capsul overculateae) yang dibuat dari bahan metilselulosa, gelatin, pati, atau bahan lain yang sesuai. Ukuran cangkang kapsul keras bervariasi, mulai dari nomor paling kecil 5 sampai nomor paling besar 000, kecuali cangkang untuk hewan. Cangkang kapsul umumnya ukuran terbesar 000, ukuran ini merupakan ukuran terbesar yang dapat diberikan kepada pasien. Ada juga ukuran 0 yang bentuknya memanjang (dikenal dengan ukuran OE) yang memberikan kapasitas lebih besar tanpa peningkatan garis tengah dan kebanyakan mengandung air sebesar 10-15%, kebanyakan cangkang kapsul ini diisi dengan bahan padat atau serbuk, butiran atau granul. Racikan serbuk yang cenderung meleleh dapat diisikan kedalam kapsul cangkang keras jika digunakan absorben semacam MgCO3 ataupun silikon dioksida. Kapsul cangkang keras ini hanya mempunyai satu bentuk dan dipakai untuk pemakaian oral. Pabrik yang terkenal telah memproduksi cangkang kapsul di Indonesia adalah Parke Davis.

Penutup dari cangkang kapsul gelatin keras bisa dilakukan dengan cara memberikan lekukan khas pada bagian tutup dan wadahnya atau dengan pemanasan langsung atau penggunaan energi ultrasonik.Penutupan cangkang kapsul pati keras bisa dilakukan dengan cara melekatkan atau mengoleskan cairan campuran air alkohol dan kemudian dikeringkan. Membersihkan cangkang kapsul gelatin keras bisa dilakukan menggunakan cara meletakkan kapsul tersebut diantara potongan kain seperti kain linen, wool, dll kemudian kapsul tersebut digosok-gosokan pada kain tersebut.

Kapsul cangkang lunak atau capsulae molles, soft capsul merupakan kapsul dari satu kesatuan yang berbentuk bulat atau silindris (pearl) atau bulat telur (globula) yang dibuat dari bahan gelatin (kadang disebut gel lunak) atau bahan lain yang sesuai, biasanya cangkang ini lebih tebal dibandingkan dengan cangkang keras dan dapat diplastisasi dengan penambahan senyawa poliol, seperti sorbitol ataupun gliserin. Kapsul ini kebanyakan mengandung air 6-13%, umumnya diisi dengan bahan cairan bukan air seperti PEG, akan tetapi berbobot molekul rendah dan bisa juga diisi dengan bahan padat atau serbuk atau zat padat kering. Kapsul cangkang lunak ini mempunyai bermacam-macam bentuk dan biasanya dapat dipakai untuk rute oral, vaginal, rektal, atau topikal. Dilihat dari segi formulasi, teknologi, dan biofarmasi kapsul berisi cairan dari jenis kapsul apa saja lebih seragam dibandingkan dengan kapsul yang berisi serbuk kering dari jenis kapsul yang sama.Cangkang kapsul kelihatan keras tetapi sebenarnya cangkang kapsul masih mengandung kadar air dengan kadar 10-15%menurut Farmakope Indonesia edisi IV dan 12-16% menurut literatur lain.

Penyimpanan kapsul :
Jika kapsul disimpan pada tempat yang lembab maka kapsul akan menjadi lunak dan melengket satu sama lain serta susah untuk dibuka kaena kapsul itu dapat menyerab air dari udara yang lembab. Sebaliknya jika kapsul disimpan ditempat yang terlalu kering, kapsul itu bisakehilangan airnya sehingga bisa menjadi rapuh dan mudah pecah.Oleh sebab itu, penyimpanan kapsul sebaiknya dalam tempat atau ruangan yang tidak terlalu lembab atau dingin dan kering. Tempat penyimpanan sebaiknya terbuat dari botol gelas yang tertutup rapat dan juga diberi bahan pengering (silika gel). Tempat penyimpanan juga dapat terbuat dari botol plastik yang tertutup rapat dan diberi bahan pengering. Wadah juga dapat terbuat dari bahan alumunium foil dalam blister atau strip.

Proses Pembuatan Cangkang Kapsul :

1. Melting

Cangkang Kapsul

Pembuatan Cangkang Kapsul

Pembuatan larutan gelatin 25-30%, menggunakan bahan dasar kapsul berupa gelatin dilarutkan kedalam air panas yang sudah di demineralisasi. Bahan tambahan seperti pengawet dan pewarna dicampurkan dengan larutan gelatin sehingga membuat campuran yang homogen.

2. Pencetakan

Cetak Cangkang Kapsul

Pencetakan Cangkang Kapsul

Bahan dasar pencetakan ini dimasukkan kemesin pembuatan kapsul untuk bisa dicetak menjadi cangkang kapsul yang siap untuk digunakan.

3. Sorting

Langkah Sorting Cangkang Kapsul

Proses Sorting Cangkang Kapsul

Cangkang kapsul yang sudah jadi selanjutnya akan diperiksa sesuai dengan standar yaitu standar CGMP. Selain pemeriksaan dimensi kapsul seperti ketebalan, garis tengah, dan ketinggian kapsul akan diperiksa untuk memastikan bahwa cangkang kapsul siap digunakan pada proses pengisian kapsul.

4. Printing

Langkah Printing Cangkang Kapsul

Proses Printing Cangkang Kapsul

Selanjutnya pada tahap terakhir dari proses pembuatan cangkang kapsul ini adalah printing. Setelah itu kapsul sudah siap di kemas dan di masukkan dalam kotak sesuai dengan tempat yang telah disediakan.

Demikianlah Informasi Lengkap mengenai Proses Pembuatan Cangkang Kapsul yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih telah berkunjung.

Baca juga informasi lainnya :

Agar Jantung Tetap Sehat dan Kuat

Proses Pembuatan Cangkang Kapsul Lengkap | Ayu | 4.5